Apa Itu Nen?

Monday, April 5, 2010

Dalam anime, kita sering melihat karakter yang memiliki kekuatan atau tenaga dalam yang dapat dihasilkan oleh tubuh. Salah satu contohnya, di dalam anime dragon ball, Songoku mampu mengeluarkan jurus kamehame. Dalam Dragon Ball, energi semacam itu disebut energi Ki, dalam naruto kita mengenal chakra, kemudian dalam bleach disebut reiatsu, dan lain-lain. Nah, di dalam Hunter X Hunter, energi semacam itu disebut Nen.

Tapi, secara definisi, nen merupakan serangkaian/sekumpulan teknik yang digunakan untuk mengendalikan aura (medan energi) yang terdapat dalam tubuh seseorang sehingga dapat digunakan/dimanfaatkan lebih lanjut. Contohnya, mengendalikan aura sehingga dapat meningkatkan efisiensi/kekuatan pada tubuh seseorang.

Dibanding dengan anime lain, nen merupakan sistem pengaturan energi yang paling terstruktur. Berbeda dengan anime lain yang karakternya dapat menghasilkan serangan sesukanya tanpa ada batasan-batasan, nen memiliki batasan dan aturan dalam penggunaannya. Oleh karena itu kekuatan yang dihasilkan pun terbatas pada aturan-aturan teknik nen sehingga setiap kekuatan yang dibuat dapat dijelaskan (bagaimana kekuatan tersebut dibuat).

Dalam Hunter x Hunter, nen berbentuk seperti asap yang berada di sekitar tubuh. 

Hisoka sedang menggunakan nen.

2 Comments:

pupung hunter said...

Wah_hebAt karya'x, bgus kapan ya sya bsa se/ti anda?!...
Ajarin doNg!...
:)

Unknown said...

Tipe nen saya gugenka ajarin dong